Kenali tanggung jawab BKD Jawa Barat : FokusBanyumas

dalam melihat fungsi BKD Jawa Barat dan tanggung jawabnya,

 

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah BKD di provinsi Jawa Barat.  Jika ikut dalam pengumpulan CPNS di daerah masing-masing.

Karena BCD ini tugas utama membantu gubernur atau mengelola PNS. Jadi tidak hanya saat penggeledahan atau rekrutmen PNS, tetapi juga untuk mengatur dan mengawasi pegawai pemerintah.

Jika Anda tertarik untuk menjadi pegawai pemerintah, Anda harus tahu tentang BCD dan apa isinya.

Setiap kota dan kabupaten akan memiliki kantor BKD untuk membahas semua urusan administrasi pegawai pemerintah kota.

Ada suasana yang berbeda di dalam lembaga BCD, Apakah itu menyediakan fasilitas, pemantauan, atau pelaporan. Untuk informasi lebih lanjut, berikut adalah penjelasan tentang BCD dan fungsi dasar serta tanggung jawabnya.

Berkenalan dengan Lembaga Kepegawaian Daerah BKD

Misalnya, BCD di Jawa Barat  akan bertanggung jawab atas administrasi pegawai negeri sipil di wilayah Jawa Barat, untuk mengatur, memantau, dan menyediakan fasilitas.

BCD Kabupaten atau Kota hanya akan bertanggung jawab untuk merawat pegawai negeri sipil kota dan tidak bertanggung jawab atas kota-kota lain. kekuasaan terbatas hanya dalam istilah regional. Tetapi ada juga yang memiliki otoritas nasional— yaitu badan kepegawaian nasional.

Lembaga ini akan menjalankan fungsi sebagai bagian administrasi administrasi PNS, Ketika seorang pegawai pemerintah ingin mengurus berbagai berkas, seperti mutasi atau kacamata/pendidikan, maka akan memperlakukan lembaga ini.

Kepala  BCD di provinsi Jawa Barat  memiliki tanggung jawab langsung terhadap kepemimpinan daerah—supremasi hukum untuk pelaksanaan fungsi Untuk menjalankan visi dan misinya, instansi pemerintah ini akan mengoordinasikan rencana kerja tahunan untuk meningkatkan efisiensi organisasi menjadi lebih baik.

Fungsi BCD akan ditampilkan dalam program kerja, Selain itu, BCD dikembalikan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang handal dan menunjukkan kinerja terbaik di masa depan.

Mengenal visi dan misi BKD Jawa Barat

Visi utamanya adalah “implementasi perangkat yang baik dan sejahtera.” Visi ini diharapkan dapat membentuk organisasi yang profesional dan handal untuk membantu kinerja pimpinan daerah.

  1. Quality—yaitu memiliki pekerjaan yang berkualitas sesuai dengan makanan dan harapan seluruh masyarakat Indonesia.
  2. Akuntabilitas—yaitu memiliki sikap bertanggung jawab terhadap setiap kegiatan atau rencana kerja yang dilakukan.
  3. Inovatif, yaitu mampu menampilkan atau memperkenalkan hal-hal baru sehingga dapat meningkatkan produktivitas pekerjaan.
  4. Kreatif, yaitu mampu membawa kreativitas untuk menciptakan sesuatu atau meningkatkan manfaat dari sesuatu yang sudah ada.
  5. Yang indah yang menciptakan rasa nyaman dan aman bagi PNS baik secara material maupun finansial dan spiritual.

Misi ini akan diubah oleh kebutuhan pemerintah dan harus dilakukan oleh masing-masing pejabat dalam struktur ini.

  1. Pengantar sistem personalia modern sesuai dengan perkembangan teknologi.
  2. Untuk membantu dalam meningkatkan keanekaragaman hayati dan kesejahteraan karyawan berdasarkan efektivitas kerja setiap orang.
  3. Meningkatkan profesionalisme kerja karyawan dengan arahan dan pelatihan.

Kenali tanggung jawab BKD Jawa Barat

Sebagai lembaga yang bertanggung jawab langsung atas pemimpin daerah, Oleh karena itu, semua masalah manajemen karyawan harus dilakukan di lembaga ini.

  1. Menyusun rencana peraturan daerah bagi tenaga kelurahan, memperhatikan peraturan perundang-undangan sehingga dapat menyusun peraturan sesuai dengan standar nasional.
  2. Buat perencanaan dan buat sistem kepegawaian regional.
  3. Melakukan pelaksanaan administrasi dalam hal administrasi, pemberhentian, dan mutasi PNS.
  4. Kembangkan proyek dan putuskan kebijakan teknis untuk pengembangan pegawai negeri sipil teritorial.
  5. Layanan administrasi untuk peralatan sipil pemerintah, seperti penugasan, pelepasan, pemindahan, jabatan struktural atau fungsional yang dilakukan sesuai dengan aturan yang ditetapkan dalam undang-undang staf.
  6. Menyiapkan dan menetapkan kebijakan pensiun untuk pengukuran kewarganegaraan negara sesuai dengan peraturan perundang-undangan, standar, dan standar prosedur yang berlaku.
  7. Pengertian pensiun dan tunjangan untuk kepentingan peralatan sipil pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan kepegawaian.
  8. Melaksanakan administrasi peralatan perkotaan pemerintah dan mengelola sistem informasi untuk personel regional.

Berdasarkan fungsi dan tanggung jawabnya, BCD Jawa Barat  sepenuhnya mengatur kebijakan dan regulasi segala permasalahan yang berkaitan dengan PNS yang berada atau dikelola di wilayah Jawa bagian barat. juga bertanggung jawab atas pengangkatan, promosi, dan manajemen pensiun karyawan.

BCD tingkatkan profesionalisme di apartemen sipil pemerintah

Penyusunan program kerja diatur dengan cermat untuk mendorong perbaikan dalam pengoperasian perangkat pemerintah. Dalam hal ini, ini disesuaikan dengan norma-norma undang-undang tingkat pusat.

BKD Jawa Barat fokus pada peningkatan profesionalisme ketenagakerjaan,  Sehingga dapat membuat perangkat yang handal di masa depan yang dapat melakukan tanggung jawab dan tugas.

  1. Program ini dilaksanakan setiap tahun atau minimal setahun sekali untuk mengisi lowongan jabatan karena kebutuhan pensiun, meninggal dunia, atau tambahan kemanusiaan.
  2. Proses penghargaan adalah peningkatan dari gelar kehormatan menjadi CPNS untuk penerima penghargaan dengan kinerja terbaik sebagai imbalan atas jasa kehormatan.
  3. Rekrutmen Penerimaan IPDN Praja melalui tes diikuti oleh putra dan putri daerah dan dari berbagai daerah di Indonesia.
  4. Layanan administrasi seperti penyusunan kartu pegawar, pengelolaan kartu TASPEN, atau pendaftaran tanggungan bagi PNS yang sudah menikah.
  5. Menyelenggarakan dan melaksanakan pemeriksaan bagi PNS yang layak untuk kenaikan pangkat.
  6. Pelaksanaanpelatihan untuk meningkatkan kompensasi
  7. Pelaksanaan pelatihan teknis dan pembinaan peralatan pemerintah dengan melakukan pelatihan di daerah atau mengorganisir pegawai yang mengikuti pelatihan di BCD Pusat.

Sebagai struktur yang mendukung kinerja pimpinan daerah dalam mengatur PNS, BCD Jawa Barat tidak hanya memetakan  tugas-tugas besar berdasarkan  fungsinya tetapi juga melaksanakan visi dan misi sebagai lembaga kepegawaian.

Read More :