SMS Telkomsel baru berubah kini agar komunikasi lancar : NamaBayi

SMS Telkomsel baru berubah kini agar komunikasi lancar

Mungkin banyak dari Anda yang belum tahu jika nomor SMS Telkomsel baru saja berubah. SMSC adalah singkatan dari Short Message Service center atau layanan Short Message Delivery Center , yang bertanggung jawab atas kelancaran pengiriman pesan SMS.

Fungsinya dalam pesan jaringan nirkabel adalahuntuk mendukung pemrosesan pesan ke titik akhir. Terlebih lagi, pusat layanan ini juga menyimpan pesan yang Anda kirim sebelum akhirnya mencapai nomor tujuan.

Bagi Anda yang masih aktif berkomunikasi melalui SMS, tentunya mengetahui nomor SMSC Anda sangatlah penting. Karena jika nomor yang  Anda masukkan tidak valid di pengaturan Short Message Center  , pesan akan selalu bermasalah.

Masalah yang pasti terjadi adalah ponsel tidak dapat mengirim pesan dan selalu ada pesan dari service center tentang kesalahan singkat memperbarui pesan   (update gagal). Hal ini tentunya sangat memberatkan bagi kegiatan komunikasi Anda.

Salah satu alasan yang sering terjadi pada pengguna layanan SMS ini adalah karena mereka tidak mengetahui bahwa nomor provider SMSC telah diubah. Salah satunya adalah Telkomsel yang baru-baru ini mengubah nomor pusat layanan pesan singkatnya .

Tidak hanya dengan membatasi diri untuk mengetahui nomor SMS Telkomsel yang baru, kamu juga perlu mengetahui cara mengubahnya. Karena kami akan memberikan informasi selengkap mungkin agar kamibenar-benar memahami pentingnya nomor SMS Telkomsel yang baru untuk berubah sekarang.

Numer SMSC Telkomsel

Nomor SMS Telkomsel terbaru yang digunakan sekarang adalah +6281100000. Jumlah ini tentunya berlaku untuk semua provider yang dikelola oleh telcommsel. Jumlah pusat layanan pesan singkat ini berubah beberapa waktu lalu dan masih banyak pengguna yang belum mengetahuinya.

Oleh karena itu, bagi Anda yang menggunakan provider tersebut atas nama Telkomsel dan mengalami kendala dalam pengiriman pesan, mungkin alasannya karena nomor tersebut belum diupdate.  Karena ketika Anda mengirim pesan, pesan akan dikirim ke Short Message Center terlebih dahulu.

Ketika Andameninggalkan pusat layanan, sebuah pesan dikirim ke nomor yang akan Anda tuju. Selain itu, service center ini akan menyimpan pesan terlebih dahulu ketika nomor tujuan tidak aktif, dan mengirimkannya lagi saat aktif.

Oleh karena itu, perlu Anda ketahui bahwa SMSC Telkomsel baru saja berubah. Karena jika Anda memasukkan nomor yang tidak valid, pesan tidak akan pernah terkirim.

Aturan penomoran SMSC

Setiap provider memiliki nomor yang berbeda, namun ternyata ada aturan tertentu dalam penomoran smsc.   Angka ini bukan sekadar angka sembarangan, tetapi memiliki arti tersendiri.

SMSC terdiri dari angka heksadesimal yang memiliki tata letak tertentu dan membuka susunan angka apa pun. Berikut ini adalah aturan penomoran dipusat pesan singka t heksadesimal.

  1. Di awal nomor adalah kode negara

Seperti yang Anda lihat di SMSC Telkomsel yang baru, sekarang memiliki kode negara Indonesia +62. Untuk kode negara  lain tentu berbeda, anda bisa melihat daftar kode numerik dari masing-masing negara.

  1. Ada kode nasional atau internasional

Untuk kode ini, Anda dapat melihatnya di nomor setelah kode negara. Kode nomor pusat layanan pesan singkat milik penyedia domestik adalah 81, sedangkan untuk internasional adalah 91.

  1. Angka terbalik

Jika memperhatikan sejumlah short message service center di Indonesia, nomornya memiliki angka yang hampir sama, hanya saja lokasinya terbalik. Selain itu, nomor yang digunakan sangat sederhana. Seperti telkomsel SMSC baru berubah sekarang.

  1. Menambahkan huruf F

Menambahkan huruf F ke nomor pusat layanan ini dilakukan jika ada angka yang tidak memiliki pasangan pada nomor heksadesimal. Oleh karena itu, menambahkan huruf F dapat melengkapi serangkaian angka heksadesimal.

Cara ganti Telkomsel SMSC

Beberapa dari Anda mungkin masih bingung bagaimana cara mengganti nomor short message service center. Oleh karena itu, kami akan menjelaskannya kepada Anda yang saat ini sedang mengalami masalah dalam pengiriman SMS.

  1. Buka aplikasi SMS

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka  aplikasi Kirim Pesan Singkat di ponsel Anda.

  1. Buka menu Pengaturan

Setelah aplikasi terbuka, Anda sekarang perlu membuka menu pengaturan di aplikasi. Anda harus memilih pengaturan lain dan memilih pengaturan dalam pesan teks.

  1. Lihat bagian Pusat Pesan

Ketika Anda memilih pesan teks, itu akan secara otomatis menampilkan bagian pusat pesan. Pastikan nomor yang diberikan pada bagian tersebut kompatibel dengan SMSC Telkomsel, ubah sekarang juga.

Jika ternyata ini tidak sesuai, Anda bisa menggantinya sendiri dengan nomor +6281100000. Sehingga, aktivitas SMS anda akan kembali lancar.

Pelajari lebih lanjut tentang sifatSMSC

Jika Anda berpikir bahwa SMSC adalah orang yang melakukan tugas-tugas kompleks dalam mengirim pesan, maka Anda salah besar. Karena SMSC merupakan gabungan dari teknologi hardware dan software.

Meskipun pasti akan dioperasikan oleh orang-orang, tentu hanya perlu jika ada kendala dan pemeliharaan. Karena ini adalah perangkat, SMSC harus dapat diandalkan untuk meminimalkan gangguan dalam mengirim pesan.

Salah satu hal yang menyebabkan nomor SMSC baru Telkomsel tergantikan sekarang adalah dengan mempertimbangkan perangkat baru yang lebih andal dengankapas itas yang lebih banyak dan ghput throu yang tinggi. Selain itu, peningkatan ini harus dapat menskalakan SMS agar lebih disesuaikan.

Hub pesan singkat ini sekarang tidak hanya dapat berkomunikasi dengan pusat pesan lain. Pasalnya, dengan pesatnya perkembangan teknologi, pusat layanan pesan singkat ini dapat berkomunikasi antar server menggunakan protokol SMPP.

Contoh sederhananya adalah nomor yang Anda gunakan tidak hanya dapat digunakan untuk mengirim pesan melalui SMS, tetapi juga dapat digunakan untuk mengirim pesan  menggunakan Whatsapp atau aplikasi serupa lainnya.

Cara kerja   SMSC

Untuk dapat mengirim pesan ke nomor tujuan, proses ini tidak sesederhana mengirim dan menerima pesan. Pasalnya, SMSC Telkomsel baru diganti sekarang, tentunya akan mengirimkan sinyal terlebih dahulu ke HLR menggunakan sinyal STP untuk pesan yang dikirim.

HLR akan merespons sinyal dengan memastikan nomor tujuan aktif atau tidak, dan menunjukkan di mana nomor tersebut berada. Jika Nomor Tujuan aktif, pesan akan segera terkirim . Tetapi jika nomornyatidak aktif, Pusat Pesan Singkat akan menyimpan pesan tersebut.

Ketika nomor tujuan aktif, HLR akan mengirimkan sinyal ke SMSC dan memberikan status lokasi. Pusat Pesan Singkat kemudian akan mengirim pesan dalam format point-to-point.

Setelah pesan dikirim, pemberitahuan “pesan terkirim” akan muncul dan SMSC tidak akan mengirim pesan lagi.  Jika pusat pesan singkat sibuk, pesan yang dikirim akan memakan waktu untuk mencapai nomor tujuan.

Hal ini tentunya demi kenyamanan pengguna provider. Tidak hanya saat mengirim  SMS, tetapi juga saat mengirim pesan menggunakan aplikasi lain yang memerlukan penggunaan nomor telepon.  Jadi,   penjelasan SMSC yang baru saja diubah Telkomsel benar-benar sesuatu yang perlu Anda pahami.

Read More :